My Diary : Naik KRL Lingkar Jakarta (Loop Line) Tanah Abang – Kampung Bandan – Jatinegara

Tahun lalu, PT. KAI Commuter Jabodetabek memperkenalkan rute KRL baru Bogor – Manggarai – Tanah Abang – Jatinegara (Lingkar Jakarta) dari yang sebelumnya hanya Bogor sampai Tanah Abang saja. Jumlah perjalanannya hingga tahun 2013 ini juga semakin bertambah banyak.

(untuk melihat jadwal terbaru Perjalanan KRL dari Stasiun Tanah Abang lihat di sini

Beberapa minggu lalu, akhirya kesampaian juga niat saya mencoba langsung rute KRL yang sedikit agak unik ini (biasanya kan KRL difokuskan sebagai kereta bagi para commuter dari Jakarta ke berbagai daerah hinterland Jabodetabek seperti Bogor, Serpong, Tangerang, dan Bekasi). Saya berangkat dari Stasiun Tanah Abang.

(silahkan klik gambar/picture untuk melihat ukuran besar atau full-size)

1. STASIUN TANAH ABANG
???????????????????????????????

???????????????????????????????

Pada sore itu penumpang cukup ramai memadati Stasiun Tanah Abang – terutama dikarenakan cukup murahnya harga tiket KRL sekarang sehingga peminat KRL semakin bertambah.

???????????????????????????????

Stasiun Tanah Abang

Stasiun Tanah Abang

Saya menunggu KRL dari arah Bogor / Sudirman di Jalur 2 (bersisian dengan Jalur 3 yang merupakan jalur arah ke Sudirman / Bogor).
Setelah kira2 15 menit menunggu kereta yang ditunggu akhirnya datang

Kereta api ke Jatinegara yang akan saya tumpangi

Kereta api ke Jatinegara yang akan saya tumpangi

Naik ke kereta

Naik ke kereta

Kereta pun berangkat dari Stasiun Tanah Abang
Sebenarnya saya ingin naik sekali KA Ekonomi agar bisa lebih mudah mengambil foto, tetapi apa daya beberapa hari yang lalu PT. KAI Commuter telah menarik seluruh Gerbong KRL Ekonomi dan mengganti dengan perjalanan KRL. So saat mengambil foto dari balik jendela menjadi agak sedikit buram, padahal cuaca relatif cukup cerah

Pemandangan kumuh selepas Stasiun Tanah Abang

Pemandangan kumuh selepas Stasiun Tanah Abang

Perlintasan sebidang Roxy

Perlintasan sebidang Roxy

Jumlah penumpang di KRL saat itu tidak begitu ramai, syukurlah sehingga saya bisa sedikit bebas dalam bergerak mengambil foto dari sisi kiri dan kanan jendela kaca KRL

Paparazzi :)

Paparazzi πŸ™‚

2.STASIUN DURI
Kereta kemudian tiba di Stasiun Duri, yang merupakan lokasi transit bagi penumpang KRL dari dan tujuan Tangerang. Saya tak melewatkan kesempatan keluar sebentar dari kereta mengambil foto stasiun, apalagi kereta berhenti lumayan lama sekitar 1 menit.

Stasiun Duri

Stasiun Duri

Kerumunan penumpang di Stasiun Duri, terlihat KRL arah Tangerang di sisi kiri

Kerumunan penumpang di Stasiun Duri, terlihat KRL arah Tangerang di sisi kiri

Antara Duri – Kampung Bandan merupakan salah satu lokasi terpadat di Jakarta. Terlihat rumah-rumah sangat rapat satu sama lain, dan gang-gang kecil di samping rel plus parit nan jorok menjadi pemandangan khas dari atas kereta

Kali kecil nan kumuh

Kali kecil nan kumuh

Tumpukan sampah...hmmh

Tumpukan sampah…hmmh

Padat

Padat

Saat saya melakukan perjalanan ini, beberapa hari sebelumnya PT. KAI Commuter mengumumkan bahwa Stasiun Angke tidak akan lagi digunakan dalam perjalanan KRL karena akan difokuskan untuk perbaikan dan menjadi stasiun transit utama ke arah Barat / Banten (sepertinya untuk mengurangi beban Stasiun Tanah Abang). So saya hanya mengambil foto sekilas sewaktu lewat

Stasiun ANgke yang kosong

Stasiun ANgke yang kosong

Dari DUri ke Kampung Bandan merupakan perjalanan terjauh antar stasiun, mungkin dari seluruh rute perjanan KRL di Jabodetabek. Di sisi kiri terlihat jalan layang tol Grogol – Slipi yang merupakan Tol Dalam Kota Jakarta.

Tol Layang Grogol - Pluit

Tol Layang Grogol – Pluit

Tol Grogol - Pluit

Tol Grogol – Pluit

Salah satu persimpangan di daerah Tambora

Salah satu persimpangan di daerah Tambora

3. STASIUN KAMPUNG BANDAN
Stasiun berikutnya yakni Kampung Bandan, yang berlokasi di antara Mangga Dua / Kota dan Ancol Jakarta. Sebenarnya stasiun ini merupakan intersection antara jalur Kampung Bandan – Jatinegara dan Kota – Tanjung Priok tetapi trayek rel yang terakhir kini sudah tidak aktif digunakan untuk perjalanan kecuali untuk jalur kereta barang. Stasiun Kampung Bandan sendiri IMO lokasi kurang familiar karena amat sulit dilihat secara kasat mata baik dari Jalan Mangga Dua maupun Martadinata, sehingga kemungkinan orang yang baru pertama kali harus bertanya terlebih dahulu

Menuju Stasiun Kampung Bandan, terlihat bangunan2 di daerah Mangga Dua

Menuju Stasiun Kampung Bandan, terlihat bangunan2 di daerah Mangga Dua

Kereta Barang / Kargo menuju arah Tanjung Priok

Kereta Barang / Kargo menuju arah Tanjung Priok

Gambaran wajah pemukiman kumuh di pinggiran rel sekitar Kampung Bandan

Gambaran wajah pemukiman kumuh di pinggiran rel sekitar Kampung Bandan

KRL kami pun tiba di Stasiun Kampung Bandan sekitar 15 menit setelah meninggalkan Tanah Abang.

Naik - turun dari KRL di Kampung Bandan

Naik – turun dari KRL di Kampung Bandan

Stasiun Kampung Bandan

Stasiun Kampung Bandan

Kereta yang melayani jalur pendek Kampung Bandan - Tanah Abang - Manggarai, terlihat ujung rel dipalang

Kereta yang melayani jalur pendek Kampung Bandan – Tanah Abang – Manggarai, terlihat ujung rel dipalang

4. STASIUN RAJAWALI
Dari Kampung Bandan, KRL melanjutkan perjalanan ke Stasiun Rajawali. Jarak yang cukup jauh membuat saya tertarik untuk melihat-lihat view kiri dan kanan yang belum pernah saya lihat sebelumnya semenjak 8 tahun menggunakan KRL.

Pemukiman kumuh selepas Kampung Bandan ke Rajawali

Pemukiman kumuh selepas Kampung Bandan ke Rajawali

Mungkin ini salah satu rumah susun

Mungkin ini salah satu rumah susun

Perlintasan sebidang Mangga Dua - Gunung Sahari

Perlintasan sebidang Mangga Dua – Gunung Sahari

Ngga tahu ini jalan apa, tapi yang pasti ramai :)

Ngga tahu ini jalan apa, tapi yang pasti ramai πŸ™‚

KRL pun tiba di Stasiun Rajawali, kurang tahu pasti lokasi persisnya di daerah mana ini stasiun. Anyway…

Stasiun Rajawali

Stasiun Rajawali



5. STASIUN KEMAYORAN

Dari Stasiun Rajawali, KRL melanjutkan perjalanan ke Stasiun Kemayoran yang jaraknya cukup dekat. Kemayoran yang merupakan bekas bandara, terus terang ngga pernah tahu sebelumnya ada Stasiun KA di kawasan Kemayoran

Penumpang naik dan turun KRL di Stasiun Kemayoran

Penumpang naik dan turun KRL di Stasiun Kemayoran

Stasiun Kemayoran

Stasiun Kemayoran

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

6. STASIUN SENEN
KRL melanjutkan perjalanan ke Stasiun Senen. Terlihat sejumlah bangunan bertingkat, dinding pembatas, dan pemukiman kumuh menuju Stasiun Senen. Sayang foto2 yang saya ambil sedikit kabur

Tembok pembatas dan gedung unik yang saya kurang tahu gedung apa

Tembok pembatas dan gedung unik yang saya kurang tahu gedung apa

Gubuk2 liar

Gubuk2 liar

I'm speechless..

I’m speechless..

Sunset

Sunset

Akhirnya KRL tiba juga di Stasiun SEnen. Stasiun yang selalu menghias layar televisi dan koran/majalah di setiap musim mudik dan balik Lebaran. Di luar bayangan saya, ternyata suasana stasiun cukup rapi dan relatif bersih (entah mungkin karena renovasi dan penataan yang belakangan cukup gencar dilakukan oleh PT. KAI Commuter Jabodetabek)

Stasiun SEnen

Stasiun SEnen

Tempat menunggu penumpang Stasiun Senen

Tempat menunggu penumpang Stasiun Senen

Enter Senen Railway Station

Enter Senen Railway Station

Salah satu spanduk informasi dari PT KAI Commuter

Salah satu spanduk informasi dari PT KAI Commuter

KRL pun lalu beranjak meninggalkan Stasiun Senen. Jumlah penumpang kini sudah jauh menurun

Penupmang KRL selepas Stasiun Senen

Penupmang KRL selepas Stasiun Senen

Di ruas Senen – Jatinegara kini terlihat kembali keramaian jalanan Jakarta yang mana sebelumnya jarang saya lihat selepas Stasiun Duri, entah mungkin karena jalur kereta tidak persis berada di pinggir jalan raya.

Jalan Senen - Cempaka Putih

Jalan Senen – Cempaka Putih

??????????????????????

Saya tidak tahu nama jalan ini, anybody knows? Di sekitar Senen

Saya tidak tahu nama jalan ini, anybody knows? Di sekitar Senen

7. STASIUN SENTIONG
Stasiun berikutnya adalah stasiun Sentiong (hm, nama yang agak aneh πŸ™‚ ). Sama seperti Rajawali, saya tidak tahu persis lokasi stasiun ini di peta Jakarta. Sepertinya merupakan stasiun kecil, tetapi cukup rapi.

Stasiun Sentiong (2)

Stasiun Sentiong (2)

Stasiun Sentiong

Stasiun Sentiong

BErangkat dari Stasiun SEntiong, keadaan sekitar terlihat cukup padat, pemukiman berjarak dekat sekali ke rel kereta api. Anyway, sejak dari Duri saya tak pernah berhenti melepaskan pandangan ke sisi kiri dan kanan jendela kereta, tak perduli terhadap penumpang yang mungkin sedikit awkward melihat saya bolak-balik mengambil foto. Yeah..

Senja membayang

Senja membayang

Perlintasan sebidang dekat Stasiun Sentiong

Perlintasan sebidang dekat Stasiun Sentiong



8. STASIUN KRAMAT

KRL terus bergerak menuju arah Selatan dengan tujuan Jatinegara. Kami kemudian tiba di Stasiun Kramat (dugaan saya, stasiun ini berdekatan lokasinya dengan Jalan Kramat Raya). Suasana cukup rimbun dengan banyaknya pepohonan.
Stasiun Kramat

Stasiun Kramat

Perlintasan sebidang tepat di Stasiun Kramat. Terlihat matahari senja

Perlintasan sebidang tepat di Stasiun Kramat. Terlihat matahari senja

Stasiun Kramat, lokasi tempat duduknya sangat mepet dengan tembok dan jalan kecil di pinggir

Stasiun Kramat, lokasi tempat duduknya sangat mepet dengan tembok dan jalan kecil di pinggir

9. STASIUN PONDOK JATI
Selepas dari Stasiun Kramat, kereta bergerak menuju stasiun akhir sebelum Jatinegara, yakni Stasiun Pondok Jati. Dalam pengamatan saya sama sekali tidak ada pergerakan penumpang naik dan turun di stasiun kecil ini. Lokasinya sama juga seperti Stasiun Kramat, sangat mepet dengan pemukiman dan jalan

Stasiun Pondok Jati

Stasiun Pondok Jati

Kereta yang semakin kosong

Kereta yang semakin kosong

Stasiun Pondok Jati

Stasiun Pondok Jati

Persimpangan sebidang dekat Stasiun Jati

Persimpangan sebidang dekat Stasiun Jati

PEmandangan kali di dekat Stasiun Pondok Jati

PEmandangan kali di dekat Stasiun Pondok Jati

10. STASIUN JATINEGARA
Akhirnya perjalanan panjang KRL ini berakhir di Stasiun Jatinegara, yang merupakan stasiun terakhir dalam perjalanan KRL Trayek Bogor – Manggarai – Tanah Abang – Jatinegara. Selepas Stasiun Pondok Jati, pemandangan sekitar seolah terbuka,tidak ada lagi pemukiman padat dan jalan-jalan yang dipenuhi kendaraan.

Titik perpisahan jalur rel arah Manggarai - Kota (kiri) dan rel arah Senen - Kampung Bandan

Titik perpisahan jalur rel arah Manggarai – Kota (kiri) dan rel arah Senen – Kampung Bandan

Kereta memasuki Stasiun Jatinegara

Kereta memasuki Stasiun Jatinegara

Rel2 di Stasiun Jatinegara

Rel2 di Stasiun Jatinegara

Ada total kira-kira 50 menit perjalanan KRL dari Tanah Abang ke Jatinegara, dikarenakan antrean di daerah Kemayoran – Senen. Stasiun Jatinegara sendiri cukup old-fashioned, mengingatkan saya pada Stasiun BOgor. Tak lupa saya mengambil foto-foto stasiun Jatinegara, termasuk penampakan dari luar gedung stasiun. Suasana tradisional cukup terasa di seputaran stasiun, salah satu yang paling jelas adalah tidak adanya minimarket seperti Alfa ataupun Indomaret dsb yang sangat umum ada di sekitar stasiun2 KA di Jabodetabek. Terkadang saya lupa apakah di sini masih di Jakarta?

Kereta tiba di Stasiun Jatinegara

Kereta tiba di Stasiun Jatinegara

Stasiun Jatinegara menghadap ke arah Barat (Manggarai, Jakarta)

Stasiun Jatinegara menghadap ke arah Barat (Manggarai, Jakarta)

Stasiun Jatinegara menghadap ke arah Timur (Bekasi, Cikampek)

Stasiun Jatinegara menghadap ke arah Timur (Bekasi, Cikampek)

Loket Stasiun Jatinegara

Loket Stasiun Jatinegara

Gedung Tua Stasiun Jatinegara peninggalan Belanda

Gedung Tua Stasiun Jatinegara peninggalan Belanda

Thanks telah menyempatkan diri melihat dan membaca diary saya. I’ll keep you informed with my other train journey. Cheers πŸ™‚
(follow my tweet @BeautifulBoy84 )

26 thoughts on “My Diary : Naik KRL Lingkar Jakarta (Loop Line) Tanah Abang – Kampung Bandan – Jatinegara

      • Terima kasih atas atensiny. Yahh tapi kalimat2ny masih raw, ala diary…belum saya edit kembali agar lebih informatif

    • Makasih ya… yap bener, ini moda transportasi anti macet. Sayang kalau jam pagi sore padatnya minta ampun pas hari kerja…perlu ditambah keretanya/gerbongnya
      Kalo saya hunting foto2ny pas hari Sabtu atau Minggu siang gitu biar lengang skaligus lagi nggak kerja he2 πŸ™‚

    • Dari Tanah Abang saya naik KA yang berangkat sekitar jam 16.15… tiba di Jatinegara sejam kemudian, kira2 pukul 17.00

    • Naik KRL Commuter Line (Kereta Api Listrik), bukan yang KA biasa…
      Dari Bekasi naik KRL yang ke Jakarta Kota, kemudian turun di Stasiun Jatinegara.
      Di Stasiun Jatinegara, naik KRL lagi yang ke arah Senen / Kampung Bandan / Tanah Abang (ngetem-ny di Jatinegara, sama security nanti dibantu nunjukin yang mana keretanya). Jd dua kali naik KRL berbeda, nanti tinggal turun di Stasiun Senen

  1. kalo sya dari tangerang mau ke monas musti transit distasiun mana ajah ya biar ga mkn bnyk wktu, soalnya sya bawa 2 anak usia 3th dan 6th. Sebelumnya Terima Kasih ya utk infonya .. πŸ˜€

    • Dari Tangerang terus ke Jakarta turun di Stasiun Duri (ujung perjalanan KRL Tangerang – Jakarta). Di Stasiun Duri naik KRL arah ke Selatan (Tanah Abang) nanti turun di Stasiun Tanah Abang.
      Keluar stasiun, cari angkot 08 (selalu ngetem persis di pintu keluar stasiun) bilang aja mo ke Monas, nanti diturunkan di Abdul Muis jalan kaki lagi kira2 100-200 m. Semoga membantu

  2. mau nanya ya dan saya harap di balas >< kalau dari tanah abang ke jatinegara kira-kira transit atau cuma naik satu kereta? kalau transit bisa jelaskan? saya mau ke UNJ tapi bingung kalau naik kereta. makasih

    • thanks ud berkunjung di sini. Dari Tanah Abang ke Jatinegara cuma sekali perjalanan dengan KRL, tidak ada transit sama sekali. Silakan menunggu kereta di Jalur 1, yang sisi terdekat jalan raya depan stasiun itu… Ada puluhan jadwal perjalnaan KRL dari Tanah Abang ke Jatinegara. Semoga membantu

    • mending naik yang ke arah Manggarai/Depok/Bogor dari tanah abang dan turun di stasiun sudirman. Dari stasiun sudirman jalan kaki ke halte busway dukuh atas 2 dan naik busway yang Tu Gas/Pulogadung, turun di halte UNJ. Note: Transjakarta sudah full e-ticketing (pastikan menggunakan Flazz BCA, Brizzi BRI, Mandiri E-Money, atau BNI TapCash)

  3. Mas, mau nanya ttg wisata di sekitar dan dekat jalur commuter line jabodetabek. Sejauh ini saya baru explore di ujung2 trayek, seperti stasiun bogor, tangerang, n kota. Kira2 ada wisata apalagi ya yg bisa saya kunjungi tak jauh dari stasiun2 commuter line? Trims

    • Hi, thanks for visiting. Kalo dr St Juanda, tinggal jalan kaki 500 m ud nyampe Monas dan kawasan gedung2 lembaga tinggi negara. Kalo dr Stasiun Kota ud tau dong Kota Tua. Tidak banyak sih tempat2 wisata yg dekat jalur KA Jabodetabek, soalny sudah pasti padat dengan pemukiman, kawasan komersial, belum lagi calon2 perumahan baru yang memanfaatkan keunggulan dekat dengan jalur KA. Dulu dekat Cilebut Bojong Gede pemandangan masih indah, tapi sekarang sudah full residence semua
      Kalo mau jalur KA wisata, coba rute KA di sekitar Ambarawa – Semarang, atau yg lebih eksotis jalur KA di Sumatra Barat, semuanya menawarkan pemandangan indah dan tempat2 wisata natural

  4. Mau tanya klo dari stasiun bogor menuju ke stasiun tanjung priuk itu transit dari mana saja? Klo saya berangkat dari bogor jam 5:00 smpai berapa lama?

    • Hi, thanks for visiting… Stasiun Tanjung Priok itu sampai saat ini belum ada KRL yang menuju ke situ, masih menunggu rencana diaktifkan..

      Dari Bogor bisa menuju ke Stasiun Kota..nah dr Stasiun Kota bisa naik Mikrolet Kota-Ancol-Tj. Priok atau juga busway – tapi busway umumny cukup lama. Dengan Mikrolet perjalanan kurang lebih 30-40 menit kalau tidak ada yg terlalu macet

  5. Bro mw nannya nih , kalo saya dari stasiun Rawa Buaya / Tangerang pengen ke Stasiun Rajawali , apakah harus transit/Ganti Kereta lagi pas di Kampung Bandan / tinggal duduk manis dari Duri Ke Rajawali Trims b4, btw reviewnya bagus

    • Hi Mas Albert. Dari Stasiun Duri anda berarti mengambil KRL yang tujuan Jatinegara. Nanti turun di Stasiun Rajawali.
      Kalo naik yang KRL Feeder Kampung Bandan – Manggarai berarti harus turun di Kampung Bandan, kemudian naik KRL lagi ke arah Jatinegara.
      So silakan ikuti yang pilihan pertama saja, tunggu pengumuman KRL ke arah Stasiun Jatinegara. Jadi anda hanya perlu transit / ganti kereta di Duri saja, tidak perlu di Kampung Bandan. Umumnya KRL dari Duri arah Jatinegara udah cukup sepi, jadi comfortable lah. Semoga membantu πŸ™‚

    • Bisaa…. naik KRL yang ke arah Utara (Rajawali / Kampung Bandan) Nanti lewat kok Stasiun Tanah Abang
      Urutanny :
      Kemayoran -> Rajawali -> Kampung Bandan -> Angke (hny lewat) -> Duri -> Tanah Abang.
      Enjoy the ride

    • Hi Ren, thanks for visiting.
      Dari Kebayoran, naik KRL ke Tanah Abang. Nanti akan turun di jalur rel 5 atau 6. Silakan menyeberang lewat tangga ke jalur 2, nanti di situ tunggu KRL yang menuju Jatinegara. Perhatikan pengumuman, apakah KRL ny sampai Jatinegara atau hanya ke Duri / Kampung Bandan doang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s