Tahun lalu, PT. KAI Commuter Jabodetabek memperkenalkan rute KRL baru Bogor – Manggarai – Tanah Abang – Jatinegara (Lingkar Jakarta) dari yang sebelumnya hanya Bogor sampai Tanah Abang saja. Jumlah perjalanannya hingga tahun 2013 ini juga semakin bertambah banyak.
(untuk melihat jadwal terbaru Perjalanan KRL dari Stasiun Tanah Abang lihat di sini
Beberapa minggu lalu, akhirya kesampaian juga niat saya mencoba langsung rute KRL yang sedikit agak unik ini (biasanya kan KRL difokuskan sebagai kereta bagi para commuter dari Jakarta ke berbagai daerah hinterland Jabodetabek seperti Bogor, Serpong, Tangerang, dan Bekasi). Saya berangkat dari Stasiun Tanah Abang.
(silahkan klik gambar/picture untuk melihat ukuran besar atau full-size)
Pada sore itu penumpang cukup ramai memadati Stasiun Tanah Abang – terutama dikarenakan cukup murahnya harga tiket KRL sekarang sehingga peminat KRL semakin bertambah.
Saya menunggu KRL dari arah Bogor / Sudirman di Jalur 2 (bersisian dengan Jalur 3 yang merupakan jalur arah ke Sudirman / Bogor).
Setelah kira2 15 menit menunggu kereta yang ditunggu akhirnya datang
Kereta pun berangkat dari Stasiun Tanah Abang
Sebenarnya saya ingin naik sekali KA Ekonomi agar bisa lebih mudah mengambil foto, tetapi apa daya beberapa hari yang lalu PT. KAI Commuter telah menarik seluruh Gerbong KRL Ekonomi dan mengganti dengan perjalanan KRL. So saat mengambil foto dari balik jendela menjadi agak sedikit buram, padahal cuaca relatif cukup cerah
Jumlah penumpang di KRL saat itu tidak begitu ramai, syukurlah sehingga saya bisa sedikit bebas dalam bergerak mengambil foto dari sisi kiri dan kanan jendela kaca KRL
2.STASIUN DURI
Kereta kemudian tiba di Stasiun Duri, yang merupakan lokasi transit bagi penumpang KRL dari dan tujuan Tangerang. Saya tak melewatkan kesempatan keluar sebentar dari kereta mengambil foto stasiun, apalagi kereta berhenti lumayan lama sekitar 1 menit.
Antara Duri – Kampung Bandan merupakan salah satu lokasi terpadat di Jakarta. Terlihat rumah-rumah sangat rapat satu sama lain, dan gang-gang kecil di samping rel plus parit nan jorok menjadi pemandangan khas dari atas kereta
Saat saya melakukan perjalanan ini, beberapa hari sebelumnya PT. KAI Commuter mengumumkan bahwa Stasiun Angke tidak akan lagi digunakan dalam perjalanan KRL karena akan difokuskan untuk perbaikan dan menjadi stasiun transit utama ke arah Barat / Banten (sepertinya untuk mengurangi beban Stasiun Tanah Abang). So saya hanya mengambil foto sekilas sewaktu lewat
Dari DUri ke Kampung Bandan merupakan perjalanan terjauh antar stasiun, mungkin dari seluruh rute perjanan KRL di Jabodetabek. Di sisi kiri terlihat jalan layang tol Grogol – Slipi yang merupakan Tol Dalam Kota Jakarta.
3. STASIUN KAMPUNG BANDAN
Stasiun berikutnya yakni Kampung Bandan, yang berlokasi di antara Mangga Dua / Kota dan Ancol Jakarta. Sebenarnya stasiun ini merupakan intersection antara jalur Kampung Bandan – Jatinegara dan Kota – Tanjung Priok tetapi trayek rel yang terakhir kini sudah tidak aktif digunakan untuk perjalanan kecuali untuk jalur kereta barang. Stasiun Kampung Bandan sendiri IMO lokasi kurang familiar karena amat sulit dilihat secara kasat mata baik dari Jalan Mangga Dua maupun Martadinata, sehingga kemungkinan orang yang baru pertama kali harus bertanya terlebih dahulu
KRL kami pun tiba di Stasiun Kampung Bandan sekitar 15 menit setelah meninggalkan Tanah Abang.
4. STASIUN RAJAWALI
Dari Kampung Bandan, KRL melanjutkan perjalanan ke Stasiun Rajawali. Jarak yang cukup jauh membuat saya tertarik untuk melihat-lihat view kiri dan kanan yang belum pernah saya lihat sebelumnya semenjak 8 tahun menggunakan KRL.
KRL pun tiba di Stasiun Rajawali, kurang tahu pasti lokasi persisnya di daerah mana ini stasiun. Anyway…
5. STASIUN KEMAYORAN
Dari Stasiun Rajawali, KRL melanjutkan perjalanan ke Stasiun Kemayoran yang jaraknya cukup dekat. Kemayoran yang merupakan bekas bandara, terus terang ngga pernah tahu sebelumnya ada Stasiun KA di kawasan Kemayoran
6. STASIUN SENEN
KRL melanjutkan perjalanan ke Stasiun Senen. Terlihat sejumlah bangunan bertingkat, dinding pembatas, dan pemukiman kumuh menuju Stasiun Senen. Sayang foto2 yang saya ambil sedikit kabur
Akhirnya KRL tiba juga di Stasiun SEnen. Stasiun yang selalu menghias layar televisi dan koran/majalah di setiap musim mudik dan balik Lebaran. Di luar bayangan saya, ternyata suasana stasiun cukup rapi dan relatif bersih (entah mungkin karena renovasi dan penataan yang belakangan cukup gencar dilakukan oleh PT. KAI Commuter Jabodetabek)
KRL pun lalu beranjak meninggalkan Stasiun Senen. Jumlah penumpang kini sudah jauh menurun
Di ruas Senen – Jatinegara kini terlihat kembali keramaian jalanan Jakarta yang mana sebelumnya jarang saya lihat selepas Stasiun Duri, entah mungkin karena jalur kereta tidak persis berada di pinggir jalan raya.
7. STASIUN SENTIONG
Stasiun berikutnya adalah stasiun Sentiong (hm, nama yang agak aneh 🙂 ). Sama seperti Rajawali, saya tidak tahu persis lokasi stasiun ini di peta Jakarta. Sepertinya merupakan stasiun kecil, tetapi cukup rapi.
BErangkat dari Stasiun SEntiong, keadaan sekitar terlihat cukup padat, pemukiman berjarak dekat sekali ke rel kereta api. Anyway, sejak dari Duri saya tak pernah berhenti melepaskan pandangan ke sisi kiri dan kanan jendela kereta, tak perduli terhadap penumpang yang mungkin sedikit awkward melihat saya bolak-balik mengambil foto. Yeah..
8. STASIUN KRAMAT
KRL terus bergerak menuju arah Selatan dengan tujuan Jatinegara. Kami kemudian tiba di Stasiun Kramat (dugaan saya, stasiun ini berdekatan lokasinya dengan Jalan Kramat Raya). Suasana cukup rimbun dengan banyaknya pepohonan.
9. STASIUN PONDOK JATI
Selepas dari Stasiun Kramat, kereta bergerak menuju stasiun akhir sebelum Jatinegara, yakni Stasiun Pondok Jati. Dalam pengamatan saya sama sekali tidak ada pergerakan penumpang naik dan turun di stasiun kecil ini. Lokasinya sama juga seperti Stasiun Kramat, sangat mepet dengan pemukiman dan jalan
10. STASIUN JATINEGARA
Akhirnya perjalanan panjang KRL ini berakhir di Stasiun Jatinegara, yang merupakan stasiun terakhir dalam perjalanan KRL Trayek Bogor – Manggarai – Tanah Abang – Jatinegara. Selepas Stasiun Pondok Jati, pemandangan sekitar seolah terbuka,tidak ada lagi pemukiman padat dan jalan-jalan yang dipenuhi kendaraan.
Ada total kira-kira 50 menit perjalanan KRL dari Tanah Abang ke Jatinegara, dikarenakan antrean di daerah Kemayoran – Senen. Stasiun Jatinegara sendiri cukup old-fashioned, mengingatkan saya pada Stasiun BOgor. Tak lupa saya mengambil foto-foto stasiun Jatinegara, termasuk penampakan dari luar gedung stasiun. Suasana tradisional cukup terasa di seputaran stasiun, salah satu yang paling jelas adalah tidak adanya minimarket seperti Alfa ataupun Indomaret dsb yang sangat umum ada di sekitar stasiun2 KA di Jabodetabek. Terkadang saya lupa apakah di sini masih di Jakarta?
Thanks telah menyempatkan diri melihat dan membaca diary saya. I’ll keep you informed with my other train journey. Cheers 🙂
(follow my tweet @BeautifulBoy84 )
follow my tweet @BeautifulBoy84
review anda soal commuter line ( KRL ) bener bener keren, gak kaya blooger lain yang hanya bisa copy paste, nice job teruskan gan…..
Terima kasih atas atensiny. Yahh tapi kalimat2ny masih raw, ala diary…belum saya edit kembali agar lebih informatif
Wah asyik ya, jalan-jalan keliling Jakarta dengan KRL, dijamin tidak macet hehe…Foto-fotonya unik mas..
Makasih ya… yap bener, ini moda transportasi anti macet. Sayang kalau jam pagi sore padatnya minta ampun pas hari kerja…perlu ditambah keretanya/gerbongnya
Kalo saya hunting foto2ny pas hari Sabtu atau Minggu siang gitu biar lengang skaligus lagi nggak kerja he2 🙂
Itu naik keretanya jam brp? Sy juga pengen ke tanah abang
Dari Tanah Abang saya naik KA yang berangkat sekitar jam 16.15… tiba di Jatinegara sejam kemudian, kira2 pukul 17.00
klo sya dr stasiun bekasi mnuju ke stasiun senen, baiknya rutenya sperti apa dan nama kretanya apa??tx
Naik KRL Commuter Line (Kereta Api Listrik), bukan yang KA biasa…
Dari Bekasi naik KRL yang ke Jakarta Kota, kemudian turun di Stasiun Jatinegara.
Di Stasiun Jatinegara, naik KRL lagi yang ke arah Senen / Kampung Bandan / Tanah Abang (ngetem-ny di Jatinegara, sama security nanti dibantu nunjukin yang mana keretanya). Jd dua kali naik KRL berbeda, nanti tinggal turun di Stasiun Senen
kalo sya dari tangerang mau ke monas musti transit distasiun mana ajah ya biar ga mkn bnyk wktu, soalnya sya bawa 2 anak usia 3th dan 6th. Sebelumnya Terima Kasih ya utk infonya .. 😀
Dari Tangerang terus ke Jakarta turun di Stasiun Duri (ujung perjalanan KRL Tangerang – Jakarta). Di Stasiun Duri naik KRL arah ke Selatan (Tanah Abang) nanti turun di Stasiun Tanah Abang.
Keluar stasiun, cari angkot 08 (selalu ngetem persis di pintu keluar stasiun) bilang aja mo ke Monas, nanti diturunkan di Abdul Muis jalan kaki lagi kira2 100-200 m. Semoga membantu
mau nanya ya dan saya harap di balas >< kalau dari tanah abang ke jatinegara kira-kira transit atau cuma naik satu kereta? kalau transit bisa jelaskan? saya mau ke UNJ tapi bingung kalau naik kereta. makasih
thanks ud berkunjung di sini. Dari Tanah Abang ke Jatinegara cuma sekali perjalanan dengan KRL, tidak ada transit sama sekali. Silakan menunggu kereta di Jalur 1, yang sisi terdekat jalan raya depan stasiun itu… Ada puluhan jadwal perjalnaan KRL dari Tanah Abang ke Jatinegara. Semoga membantu
mending naik yang ke arah Manggarai/Depok/Bogor dari tanah abang dan turun di stasiun sudirman. Dari stasiun sudirman jalan kaki ke halte busway dukuh atas 2 dan naik busway yang Tu Gas/Pulogadung, turun di halte UNJ. Note: Transjakarta sudah full e-ticketing (pastikan menggunakan Flazz BCA, Brizzi BRI, Mandiri E-Money, atau BNI TapCash)
Mas, mau nanya ttg wisata di sekitar dan dekat jalur commuter line jabodetabek. Sejauh ini saya baru explore di ujung2 trayek, seperti stasiun bogor, tangerang, n kota. Kira2 ada wisata apalagi ya yg bisa saya kunjungi tak jauh dari stasiun2 commuter line? Trims
Hi, thanks for visiting. Kalo dr St Juanda, tinggal jalan kaki 500 m ud nyampe Monas dan kawasan gedung2 lembaga tinggi negara. Kalo dr Stasiun Kota ud tau dong Kota Tua. Tidak banyak sih tempat2 wisata yg dekat jalur KA Jabodetabek, soalny sudah pasti padat dengan pemukiman, kawasan komersial, belum lagi calon2 perumahan baru yang memanfaatkan keunggulan dekat dengan jalur KA. Dulu dekat Cilebut Bojong Gede pemandangan masih indah, tapi sekarang sudah full residence semua
Kalo mau jalur KA wisata, coba rute KA di sekitar Ambarawa – Semarang, atau yg lebih eksotis jalur KA di Sumatra Barat, semuanya menawarkan pemandangan indah dan tempat2 wisata natural
Mau tanya klo dari stasiun bogor menuju ke stasiun tanjung priuk itu transit dari mana saja? Klo saya berangkat dari bogor jam 5:00 smpai berapa lama?
Hi, thanks for visiting… Stasiun Tanjung Priok itu sampai saat ini belum ada KRL yang menuju ke situ, masih menunggu rencana diaktifkan..
Dari Bogor bisa menuju ke Stasiun Kota..nah dr Stasiun Kota bisa naik Mikrolet Kota-Ancol-Tj. Priok atau juga busway – tapi busway umumny cukup lama. Dengan Mikrolet perjalanan kurang lebih 30-40 menit kalau tidak ada yg terlalu macet
Bro mw nannya nih , kalo saya dari stasiun Rawa Buaya / Tangerang pengen ke Stasiun Rajawali , apakah harus transit/Ganti Kereta lagi pas di Kampung Bandan / tinggal duduk manis dari Duri Ke Rajawali Trims b4, btw reviewnya bagus
Hi Mas Albert. Dari Stasiun Duri anda berarti mengambil KRL yang tujuan Jatinegara. Nanti turun di Stasiun Rajawali.
Kalo naik yang KRL Feeder Kampung Bandan – Manggarai berarti harus turun di Kampung Bandan, kemudian naik KRL lagi ke arah Jatinegara.
So silakan ikuti yang pilihan pertama saja, tunggu pengumuman KRL ke arah Stasiun Jatinegara. Jadi anda hanya perlu transit / ganti kereta di Duri saja, tidak perlu di Kampung Bandan. Umumnya KRL dari Duri arah Jatinegara udah cukup sepi, jadi comfortable lah. Semoga membantu 🙂
Thanks, review dan info yg disajikan sangat berguna
sama2 Mas Daus, semoga membantu 🙂
mas kalau mau ke tanah abang dari kemayoran bisa ga ya?
Bisaa…. naik KRL yang ke arah Utara (Rajawali / Kampung Bandan) Nanti lewat kok Stasiun Tanah Abang
Urutanny :
Kemayoran -> Rajawali -> Kampung Bandan -> Angke (hny lewat) -> Duri -> Tanah Abang.
Enjoy the ride
Dari kebayiran mau ke jatinegara rute mana²,sy yg harus sy tempuh
Hi Ren, thanks for visiting.
Dari Kebayoran, naik KRL ke Tanah Abang. Nanti akan turun di jalur rel 5 atau 6. Silakan menyeberang lewat tangga ke jalur 2, nanti di situ tunggu KRL yang menuju Jatinegara. Perhatikan pengumuman, apakah KRL ny sampai Jatinegara atau hanya ke Duri / Kampung Bandan doang.