India vs Pakistan, cricket game (ed)

So what can be said about this? To begin, I am not and never a cricket fan, I even don’t have any idea about how the game should be played in a simple words. Just hit and run?

Nevermind, I want to discuss about India vs Pakistan cricket game. March 2011, it was a huge month for cricket fans all over the world because it was the time for the great event of Cricket World Cup. …

Advertisements

Buah-buahan khas Indonesia

Ada satu cara klasik untuk mengetahui apakah suatu buah merupakan asli Indonesia atau bibitnya berasal dari tanah air. Ya, tinggal cari terjemahannya dalam Bahasa Inggris. Bila tidak ada, berarti itu memang asalnya dari Indonesia. Kayak durian dan rambutan.

Well, itu hanya lah salah satu cara yang mengandung sedikit candaan. Namun sebagai anak Indonesia, patutlah kita mengetahui apa2 saja buah-buahan yang aslinya emang berasal dari Indonesia. Sehingga saat kita belanja di supermarket buah, kita bisa melihat mana buah yang bibitnya adalah asli dari Indonesia dan mana buah2an yang ‘impor’ dalam arti bisa ditemui dalam jumlah banyak di luar negeri. Let’s see!
(monggo kalau saya ada kekeliruan, silakan diberitahu)

1.Menteng

menteng

Rasanya asam-asam manis. Daging buahnya sangat sedikit karena bijinya besar. Buah ini banyak terdapat di Bogor dan sekitarnya. Di Jawa Tengah, menteng disebut dengan mundung. Menteng, kepundung, atau (ke)mundung adalah pohon penghasil buah dengan nama sama yang dapat dimakan. Sekilas buah menteng mirip dengan buah duku namun tajuk pohonnya berbeda. Rasa buahnya biasanya masam (kecut) meskipun ada pula yang manis. Sayang karena enggak begitu banyak orang yang suka, budidayanya semakin jarang sehingga buah menteng makin sulit ditemukan.

2. Durian.
durian1

Arguably, buah dengan rasa yang paling eksotik dan nikmat dari antara segala buah.Banyak lhoyang nggak tahu King of Fruit ini berasal dari Indonesia.Durian yang khas dengan wangi menyengat ini pertama kali ditemukan di Sumatra dan Kalimantan. Kelezatan rasanya, membuat negara lain berlomba-lomba membudidayakannya.Saat ini varietas durian memiliki jumlah besar di seluruh dunia, termasuk di Thailand yang berhasil mengembangkan 300 varian durian. Di pulau Jawa durianyang baiktergolong mahal, sekitar Rp 25.000 -30.000-an 1 buah dan agak sulit ditemukan, sehingga tergolong buah mewah dan ekslusif. Namun di beberapa daerah seperti Sumatera Utara dan Aceh, harganya udah kayak beli es krim Walls, dan kalau lagi musim harga termurah untuk ukuran sedang bisa menyentuh Rp 3000. Coba cari nama buah yang ada frase pestanya, pasti enggak ada selain pesta duren!

3. Kecapi

buah-kecapi-150x150

Kecapi, sentul atau ketuat adalah nama sejenis buah dan juga pohon penghasilnya. Kecapi diperkirakan berasal dari Indocina dan Semenanjung Malaya. Berabad-abad yang silam, tumbuhan ini dibawa dan dimasukkan ke India, Indonesia (Borneo, Maluku), Mauritius, dan Filipina, di mana tanaman buah ini kemudian menjadi populer, ditanam secara luas dan mengalami naturalisasi. Pohon ini ditanam terutama karena diharapkan buahnya, yang berasa manis atau agak masam. Kulit buahnya yang berdaging tebal kerap dimakan dalam keadaan segar atau dimasak lebih dulu, dijadikan manisan atau marmalade. Kayu kecapi bermutu baik sebagai bahan konstruksi rumah, bahan perkakas atau kerajinan, mudah dikerjakan dan mudah di poles. Kecapi juga dipakai sebagai obat. Rebusan daunnya digunakan untuk obat penurun panas. Serbuk kulit batangnya bisa digunakan untuk pengobatan cacing gelang. Akarnya dapat digunakan sebagai obat kembung, sakit perut dan diare.

4. Manggis.

manggis202

Inilah materi pelajaran IPAanak SDyang mungkin paling melekat di kepala kita. Ya, keunikan buah ini dimana jumlah buaih kecil di dalamnya dapat dihitung dengan melihat kelopak tangkai buah di kulitnya, adalah cerita yang sangat menarik buat anak2kecil. Buah musiman yang awalnya ditemukan di daerah Kalimantan dan Sunda ini rasanya asam-manis yang sangat segar saat dimakan di mulut dan saat melalui kerongkongan. Hanrganya yang juga murah membuat buah ini cukup digemari. Sayang enggak bisa dibuat jus, sehingga hanya dimakan begitu saja.

5. Kedondong

kedondong
Jika dilakukan survey apa buah tradisional Indonesia, kemungkinan besar jumlah yang menyebut kedondong akan menempati peringkat pertama. Mungkin karena hanya bisa ditemui di penjual rujak dan manisan, tidak seperti buah lain yang bisa dilihat di supermarket, membuat orang mengingat2 ke’ekslusif’an dan tradisionalnya buah ini.Kedondong dengan biji berbulu duri ini berasal darikawasan Timur Indonesia.Di dunia internasional, buah dengan kedahsyatan rasa masamnya disebut dengan nama Ambarella. Pada awal abad 20, kedondong diperkenalkan ke mancanegara, mulai dari Australia sampai Jamaica dan pernah juga mencapai Amerika, meskipun belakangan diketahui orang Amerika tidak suka buah ini sehingga pemasarannya pun terhenti.

6. Jambu air

2ccf15715635_jpg

Jambu air adalah salah satu buah wajib bagi penjual buah dan rujak. Ukuran kecil dan harga yang murah membuat jambu air menjadi salah satu pilihan pecinta buah, Bunganya berwarna putih, sedangkan buahnya berbentuk seperti lonceng kecilpunya variasi warna keputihan, merah dan hijau, tergantung pada jenisnya. Biasanya, jambu berwarna merah memilki rasa paling manis. Mungkin belum banyak sahabat pena yang mengetahui kalau orang luar negeri menyebut jambu air ini sebagai’Java Apple’.Sedikit gelitikan buat 2 perusahaan IT besar yaitu Sun Java Corporate dan Apple.

7. Kemang

buah-kemang1

Buah kemang sejenis mangga, apabila telah matang berwarna kuning kecoklat-coklatan. Buah ini mengeluarkan aroma seperti cat atau terpentin. Daging buah berwarna kuning,mengandung banyak cairan dengan rasa asam manis.Kalau udah masak dapat dimakan langsung, namun saat setengah matang sering dijadikan campuran rujak.Sayang hanyda diapat di penjual rujak tertentu dan tidak termasuk buah wajib bagi penjual rujak keliling. Daunnya yang masih muda dapat digunakan untuk lalap. Kemang banyak dibudidayakan di Jawa bagian barat, terutama dekat Bogor (hayo orang Bogor, pasti pernah dengar namanya Bantaran Kemang??? )

8. Belimbing

belimbing_filipina1

Buah ini asli berasal dari Maluku. Buah yang manis dan mengandung banyak air inii menjadi favorit di Asia, lalu kemudian dikenal hingga Amerika, khususnya di Florida. Buah ini dijuluki Starfruit karena jika dibelah, bentuknya mirip seperti bintang. Buah ini diakui para ahli kesehatan dapat membantu mengurangi kolesterol di tubuh, sehingga kini jus belimbing banyak dicari dan dibeli karena khasiatnya itu. Harganya juga tergolong murah dan mudah dibudidayakan. Kalau pohonnya lagi berbuah, jubelan buah2 belimbing di atas pohon sungguh menggoda.

9. Pisang

pisang-kepok
Pisang, siapa yang tidak kenal buah satu ini. Salah satu teman makan paling favorit di kawasan Asia, mungkin inilah buah yang paling laris di pasar di Indonesia. Bahkan kadang2 orang lupa kalau pisang adalah salah satu jenis buah. Tidak kenal musim serta cara makannya yang gampang (anak kecil umur 3 tahun juga bisa makan pisang sendiri ๐Ÿ™‚ ) bikin ni buah makin populer. Coba aja pepaya, mesti dikupas dulu, dipotong dulu, dsb, begitu juga buah yang lain. Sangking populernya, hampir semua jenis varietas pisang disukai masyarakat. Dan pisang juga menjadi buah yang terbanyak dijadikan produk olahan. Kini para ahli sibuk meneliti gizi2 apa saja yang terkandung dalam pisang ini, karena banyak yang meremehkan pisang hanya sekedar buah pencuci mulut yang tidak punya kandungan apa2.

10. Rambutan,

rambutan
Karena kulitnya seperti ditumbuhi rambut, maka buah asli Indonesia ini dikenal dengan nama rambutan. Buah yang manis berair serta berwarna bening dengan biji yang tebal. Awal abad 20,Indonesia pernah mengekspor biji rambutan ke Amerika Serikat karena banyak yang suka. Sayang, rambutan nggak bisa hidup di sana. Sekarang beberapa negara, seperti Thailand dan Malaysia terkenal sebagai pengekspor rambutan yang sudah dikemas dalam kaleng. Entah kenapa Indonesia gagal memanfaatkan peluang pemasaran rambutan yang bejubel banyaknya. Bahkan ironisnya produk manisan rambutan kalengan dari Malaysia bisa ditemukan di supermarket Indonesia.

11. Gandaria

gandaria20fruits

Pernah dengar kawasan jalan Gandaria di Jakarta? Itu adalahnama tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di Sumatera dan Thailand. Gandaria tergolong multifungsi karenabuah, daun, dan batangnya dapat dimanfaatkan. Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria.Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut-manis dan dapat dimakan langsung. Daunnya digunakan sebagai lalap. Batang gandaria dapat digunakan sebagai papan.

12. Salak

rsz_1sal
Orang luar menyebutnyaSnake Fruit karena kulitnya yang bersisik. Buah ini asli berasal dari Indonesia, bahkan salah satu variannya, salak condet, menjadi Identitas kota Jakarta. Ada juga salak Sidempuan dari Sumut yang terkenal sebagai satu2nya salak yang memiliki air serta rasa yang sangat manis tanpa ada pahit atau sepat seperti salak pada umumnya.Beberapa kalangan di luar sana mengira buah ini berasala dari Thailand atau Malaysia, padahal Indonesia adalah surga salak. Hampir di semua daerah terutama di Indonesia Bagian Barat, buah ini dapat ditemui.

13. Duku

duku
Siapa sih orang Indonesia yang enggak kenal timbunan bola2 kecil berwarna coklat muda matang di etalase kayu pedagang buah pinggir jalan?Inilah salah satu buah asli kebanggaan Indonesia dan banyak ditemukan di Sumatera Selatan dan sekitarnya. Pohonnya pun dijadikan flora identitas provinsi Sumatra Selatan. Biasanya, duku dipanen setahun sekali. Buah ini cukup laris di negara2 Asia dan banyak turis yang membawa buah2nya serta bijinya untuk ditanam di sana. Umumnya saat lagi musim, pedagang buah duku akan menjamur di pinggri2 jalan terutama jalan raya besar yang banyak dilalui kendaraan. Karena etalase berisis sejibun duku ini sangat gampang ditangkap mata ketika melaju dengan kendaraan, makanya pedagang duku di Indonesia lebih banyak menjajakan duku di jalan ketimbang di pasar atau supermarket. Buah ini banyak dinikmati sebagai teman perjalanan karena cara makan yang praktis, tidak kotor, dan rasanya juga enak dan tidak menggigit.

My TOP 10 : The Best Love Songs

Okay, I’m not referring to everlasting love songs album contains material from George Benson, Bee Gees, Elvis Presley, Frank Sinatra, or anything you usually find from those kind of records. These are the love songs that can make me feel about love and the meaning inside. Some may seem unfamiliar to you if you are a ballad lovers, but that’s just how I review and love a love song.

1. THE BEATLES Here There And Everywhere
Only Paul McCartney can create a masterpiece love song like this. Maybe the best love song ever? I love you here, there, and everywhere…very romantic, isn’t it? It’s not a silly lyric like Bon Jovi style, instead it is a pure hearty passionate lyric and song. The chord progression is very difficult to learn, but that’s what made this song so exceptional. Granted you’ll fall in love with this song at the first shot.

2. JAMES BLUNT You’re Beautiful
A very deep lyric by James Blunt, he sang it with his Britain-style voice. About an admiration of a girl who a man could never have by his side. Desperation? No, it is just a voice from the heart and we can find this reality everywhere all over the world. Love have not to be about having someone beside us.

3. CELINE DION It’s All Coming Back To Me Now
It’s hard to choose Celine Dion because she has performed many emotional and everlasting love songs like Immortality, My Heart Will Go On, Because You Loved Me, etc. But ‘It’s All Coming Back To Me Now’ has the most livable melody in my head and she sang it very graciously and full of emotion. Like a magnet.

4. TAKE THAT Back For Good
This is Gary Barlow’s masterpiece, and who people that live around 90’s didn’t know this song? Accompanied by a rainy day video, Take That voice a desire about a man who wants his forever love to come back and stay with him for good, after he made mistakes before. A great proposal for a man who has broken his girlfriend’s heart.

5. BOYZONE Key to My Life
R.I.P. Stephen Gatley. He sang the first verse of this nice love song. There are 3 main factors that made me really love this song, the vocals, melody, and the lyrics. Using of word ‘key’ is really perfect, and Boyzone sing it wonderfully that I can’t get this song out of my head when thinking about love and relationship.

6. WHITNEY HOUSTON Without You
Only needs to look at the title to know what is this song about. We can get to know how it feels without someone we love. But there is a sad and ironic story behind this song. Originally created by Pete Ham and Tome Evans (BadFinger, band where they were playing), both of the writers committed suicide in a 7 years gap. Pete hanging himself in his garage because he couldn’t live a difficult life at that time and his mate Tome Evans could not live without his best friend Pete, resulting in him also hanging himself by a willow tree. Those real stories related perfectly with the lyric of this very famous love songs. Many lovers of this song and even Whitney Houston didn’t know who created the song and what story was left by the original writers.

7. FIREHOUSE When I Look Into Your Eyes
In the height of slow rock / rock ballad era, this song is perhaps the most beautiful love song from rock music. A very nice lyric and C.J. Snare with his incredible voice range scream it so passionately. Doesn’t need to be a rock fans to love this song. The chorus with higher key at the end of this song never cease to amaze and make me shivering.

8. BRITNEY SPEARS : Sometimes 1998
It is a very sentimental yet happy song from the โ€˜wasโ€™ beautiful singer Britney Spears. It colored my Junior High School Days, and even now the theme and melody are still relevant with my life. The melody, it is absolutely the best among all of Britney Spears. Donโ€™t start me by comparing this song to her later music career which to me are nonsense. I always love her when hearing this song in eternal.

9. JOURNEY Open Arms
You only need to hear Steve Perry’s tremendous voice to understand how lovely this song is.

10.TRAIN Marry Me
And what a perfect end to my list. Perhaps the most anticipated words in all love stories, Train transformed this sacred proposal into a tender and beautiful love songs.

Jaksa Street, the paradise of backpackers’ accomodation in Jakarta

Jaksa Street (famously known as Jalan Jaksa)

While this is not a main road in Jakarta, but perhaps this is one of the most famous road in Jakarta to foreign tourists especially backpackers, thanks to huge publication in Lonely Planet, Trip Advisor, and related blog and websites about international and Indonesia tourism.. [I]The home of cheap accommodation / lodges for backpackers[/I]

You can easily meet numbers of backpacker squeezing around here, looking for new lodge, finding a place to eat, gathering, enjoying their selves, and preparing trip together. Most of the locals here are friendly and ready to help you. And as always in other tourist places, some people will come to suggest you to where you should stay. But don’t afraid, almost all lodges here are cheap for backpackers pockets.

Somehow I think foreign backpackers and tourists know most about this road than locals in Jabodetabek ๐Ÿ˜€
It is a mandatory knowledge for Jakarta taxi drivers ๐Ÿ™‚

    How to get here:

From Soekarno-Hatta Airport, take a DAMRI Bus to Gambir Station. Just walk outside the airport building, you’ll see a shelter across the first street. Go there, buy ticket in the cashier it will be IDR 25000 (around 2,8 US$). After arriving in Gambir, just ask the security or someone you think you can trust (don’t ask the people around randomly as it will be like in other places in the world, they might want to deceive you). Ask where is Jaksa Street. He should be pointing to the South towards US embassy.
Walking form Gambir Station will take 10-15 minutes crossing 2 big streets, it is around 1 km from the point you walked down DAMRI bus. But if you want to hire ojek or bemo for your comfort, they will cost you IDR 10.000 – 15.000 (if you carry number of bags). IDR 20000 should be maximum, just leave them if they ask more

photos were taken at Sunday Morning 11 AM

Jaksa Street 1

Jaksa Street (2)