Perbandingan Casting Aktor/Aktris Mahabharata versi BR Chopra (1988) dgn versi Star TV (2011)

Sebagai penggemar cerita Mahabharata termasuk suka membaca komik/buku/literatur nya, tentu tidak bisa melewatkan 2 serial Mahabharata di TV yang paling populer yakni versi buatan BR Chopra akhir 80-an (di Indonesia ditayangkan di TPI setiap jam 11 siang Senin-Jumat pada awal 90-an, sekitar tahun 91-93), dan tentu yg masih hangat di ingatan karena baru saja ditayangkan di Anteve, yakni buatan Star TV.

Ceritanya sendiri sangat kompleks dan butuh bertahun-tahun bagi saya untuk lebih memahami alur cerita Mahabharata dari awal hingga akhir, termasuk baca-baca sejumlah literatur meski nggak sampai finish semuanya. Nggak heran saya sering mendengar – termasuk di keluarga saya – yang bingung ama cerita Mahabharata, dikarenakan baru pertama kali nonton ya yg di Anteve kemaren 😀

Kekuatan cerita Mahabharata adalah penokohan. Setiap tokoh yang terlibat memiliki penggambaran karakter yang jelas dan unik, serta punya histori masing-masing.
Continue reading

Advertisements

Jadi Pengawas Ujian Tes Akademik Casis SMA TN 2015

Hari Minggu, 19 April 2015 saya ikut menjadi pengawas untuk Tes Akademik Ujian Masuk SMA TN tahun 2015, yang diadakan di Rindam Jaya, Jl. Raya Condet, Jakarta Timur. Saya bertemu kembali dengan 3 Pamong Pengajar Pengasuh di SMA dulu, ada Pak Heri, Pak Bambang P, dan Pak Endang. Selain itu juga bertemu dengan alumni2 SMA yang lain, sayang ga ada teman seangkatan yang ikut ngawas


Suasana ujian di salah satu ruangan. Peserta wajib mengenakan seragam SMP masing-masing


Foto bareng Panitia Pengawas Tes Akademik Casis SMA TN Minggu, 19 April 2015 smile emoticon @Rindam Jaya, Condet, Jakarta Timur

UEFA Champions League 2014/2015 Semifinals Draw – Barca, Madrid, Munich, Juventus

What the tremendous semifinals we have!! Madrid vs Munich in final 🙂
‪#‎UEFAChampionsLeague‬ ‪#‎madridista‬ ‪#‎bavarian‬

On a sidenote, there are a lot of reunions…. Guardiola/Thiago – Barca, Guardiola-Enrique, Ancelotti-Pellegrini, Morata-Madrid… would be very emotional games, looking forward to see Guardiola return to Camp Nou 🙂

RIP Frans Tumbuan, Yani Libels, Olga Syahputra

Dalam rentang kurang seminggu, we lost 3 artis, Frans Tumbuan, Yani Libels, dan Olga Syahputra. Sedikit kesan2ku tentang ketiga artis tsb:

1. Pertama ngeliat akting Pak Frans itu di sebuah film dimana ia dan istri Rima Melati bersama adu akting dengan alm Sophan Sophiaan dan Widyawati (lupa judul filmny), waktu itu syutingny di Belanda. Wajahny kebapakan dan termasuk salah satu aktor yg tidak sembarangan memilih film (dimana saat itu LSF belum sekuat sekarang), selalu muncul di movie yang bagus

2. Alm Yani (bersama Ronny Sianturi dan Edwin) bergabung dalam ‘boyband’, trio vokal yg sangat sukses di akhir 80-an – awal 90-an. Harmoni mereka oke banget, dan bersama KLa Project, Katon, Slank, dan Dewa 19 adalah pahlawan2 musik saya semasa kecil SD dulu 🙂 . Mnrutku pop yg mereka bawa termasuk ceria banget, upbeat, berbeda jauh dengan pop2 80-an yg kebanyakan bertema nelangsa alias ‘cengeng’, sedih.. 🙂 dan bersama KLa Project dan Dewa 19 turut merintis musik pop 90-an yg bnyk bertema upbeat, techno, dan lirik yang optimis dan tak lagi mendayu2

3. Kalo alm Olga ga perlu bnyk diceritakan lagi, karena emg masih sangat populer hingga 1 dekade terakhir. Salah satu pelawak yg ud sering banget mengocok perut, style komediny yg selalu mengacaukan alur cerita serta gaya ceplas ceplos sangat khas. Tidak lupa sifat dermawan dan gaya hidupny yang dapat menjadi panutan 🙂

Ace Frehley inspired so many guitarists to pick up and play guitar!!! Really? YEa, check this out..

Ace Frehley inspired zillion guitarists…. he is reason why so many young generation of guitarists pick up the instrument…. so many 80’s and 90’s cited Ace as their influence… How many times have you read of that?

As an Ace Frehley big fan, it is a joy for me (who just a casual fan, not a musician) to find out how far influences of The Spaceman guitar playing has extended to other rock guitarists especially on the 80’s and 90’s. Unfortunately I could not find out readings about how those guitarists mentioning Ace as their heroes during those periods, except videos on You Tube. So I decided to begin a web research, ‘mining’ from many websites and You Tube Videos to observe the proofs of guitarists who has Ace Frehley “The Spaceman” as one of their major guitar hero, as the reason why they start to play guitar. Continue reading