Apakah perilaku pengguna KRL sehari-hari mencerminkan Sosiologi Masyarakat?

dari dulu aq emg mikirin gitu, karakter penumpang2 di stasiun itu bisa terlihat dari tool2 seperti gate, eskalator, loket, penggunaan kartu multitrip/e-moaney/flazz vs kartu single trip

But don’t get me wrong, I’m not speaking in negative way. ..dengan penduduk Indonesia (in this case Jabodetabek) yg berlatar belakang berbeda2 baik profesi, tempat tinggal, pendidikan, dsb, maka stasiun2 KRL jadi tempat yang very practical untuk melihat cakrawala kehidupan berbagai lapis masyarakat.

1. St Bogor itu ms bnyk banget yg beli tiket di loket terutama yang berusia paruh baya ke atas dan lansia, karena emg itulah kultur orang tua kita “Antrilah di loket, untuk beli tiket” dan akan sulit untuk ‘dipaksa’ menggunakan model transaksi kartu isi ulang (mana bisa kartu itu dipake beli sayur di pasar atau ongkos angkot ). Setidakny itu yg aq tangkap dari cerita2 bersama orang2 tua pengguna KRL mengapa mereka mau capek2 ngantri panjang di loket pdhl bisa beli e-money / INdomaret Card / dsb…yaa memang secara alamiah pikiranny belum seperti generasi melek teknologi, butuh waktu berminggu bahkan mungkin berbulan menyesuaikan dengan perkembangan iptek
Pdhl kalo misalpun jarang naik KRL, cuma rugi sekitar 20 rb aja beli kartu, pulsa di dalamnya sampek taun depan pun bakal tetap ada.

2. Antrian di gate. Saat bulan puasa saya sering volunteer bantu petugas bbrp menit bahkan lebih di gate2 St Tanah Abang, krn amat sangat banyak sekali penumpang yang tidak tahu / ngerti cara menempel kartu di gate, dan sama, kebanyakan orang tua dan lansia hehe… untunglah petugas2 stasiun juga sabar dan telaten membantu para penumpang. Paling banyak kasus biasa, tempel kartu tapi terlalu cepat, jadi readerny gagal, ehh langsung ditempel lagi ama calon penumpang kartunya kadang bahkan berkali2 (pdhl kan kita tau kalo error gitu, kasi jeda sejenak refresh bbrp detik agar sistem balik ke awal utk baca kartu)
Di bulan puasa tahu sendirilah kondisi St Tanah Abang seperti apa
Sama, alasan klasik, orang2 tua dan masyarakat desa kita ngertinya “Beli tiket dulu, di pintu masuk atau di dalam kereta nanti dirobek setengah / dicap / ditu, suk ama petugas“. Tiba2 disuruh tap in tap out tempel kartu macam mau masuk ruangan high security di film2, yaa terkejutlah hehe. First rider / rare passenger emg keliatan banget di THB
Nahh, aq ga yakin perlu ga volunteer kyk gitu di Stasiun Sudirman?

3. Demikian juga eskalator, butuh penyuluhan2 intensif di stasiun sprti Tanah Abang yg bnyk masyarakat yang amat jarang sekali pake eskalator, bahwa eskalator itu sbnrny ada ‘2 lajur’, satu lambat dan 1 cepat. Sepertiny petugas2 mesti bnyk ditempatkan di dekat eskalator untuk overseeing alur penumpang di eskalator

Lika-liku kehidupan masyarakat di KRL Jabodetabek ini bnyk yg bisa diangkat jadi topik skripsi penelitian untuk mahasiswa eko/sos/bud. Sayang saya ud terlanjur lulus gelar teknik, pdhal minat banget sbnrny bahas ginian hehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s