Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Parapat (Berita Sumut 23 Februari 2017, direncanakan konstruksi sekitar April 2017)

Hari ini, 23 Februari 2017, headline koran Medan Bisnis menuliskan Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat akan segera tender dengan target konstruksi April-Mei 2017.

Ini tentu sebuah kejutan yang manis di awal 2017 bagi warga Sumatra Utara, mengingat selama ini fokus masih lebih ke finishing 2 jalan tol, yakni Medan – Binjai dan Medan – Kuala Namu – Tebing Tinggi.
Untuk jalan tol selanjutny malah belum banyak berita, alias jauh dari hingar bingar atau diskusi di warga Sumut. Dan tiba-tiba saja ngga banyak cerita, langsung muncul berita bagus ini! πŸ˜€
(coba bandingkan dari awal 2000-an, berita-berita mengenai tol ke Binjai dan tol ke Tebing Tinggi selalu menghias koran2 Medan, baik wacana, diskusi, studi sampe belasan tahun…sampe orang pun ud malas ngomongin karena janji-janji ama wacana melulu πŸ™‚ )

Kalo melihat rutenya sih, sepertinya tol ini memang konsepnya “sekali dayuh dua tiga pulau terlampaui“. Yakni
1. Mendukung kemajuan industri di KEK Sei Mangkei dan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai hub internasional
2. Mendukung pariwisata Danau Toba (Parapat, Simarjarunjung, Saribudolok dengan Air Terjun Sipiso-piso dan Tonggingny, dan juga dekat ke Taman Simalem Resort dan Brastagi/Kabanjahe di Kabupaten Karo)

Kalo melihat pembagiannya, sepertinya ini dua jalan tol yang digabungkan jadi satu (Tebing Tinggi – Kuala Tanjung + Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Parapat)

Ini denah jalan tolnya kira-kira sesuai isi berita..



Yang juga masih bingung, apakah persimpangan tolny nanti berada di Utara Tebing Tinggi (daerah dekat GT Tebing Tinggi) atau di sisi Timur Tebing (dekat simpang Bandar Khalifah). Ini harus ditunggu bentuk tol di Seksi 7 Medan Tebing (Sei Rampah – Tebing Tinggi), apakah jalan tol nanti akan lurus terus ke arah Parapat atau ke arah Kuala Tanjung πŸ™‚

Dan juga dimana kelak lokasi GT Parapatny? Kalo melihat kontur pegunungan di sisi Danau Toba, kekny sih GT ny masih akan sedikit jauh dari pantai Parapat, mungkin di sekitar simpang Simarjarunjung (3 km sebelum Parapat). Penasaran sih liatny ntar gimana, yg pasti prediksiki seksi antara Saribudolok – Parapat akan memakan waktu lebih lama.

Tol Kualatanjung-Parapat Dibangun Mulai April 2017

MedanBisnis – Jakarta.
PT Hutama Karya bersama dengan PT Jasa Marga dan PT Waskita Toll Road akan membangun jalan tol Kualatanjung-Tebingtinggi-Parapat sepanjang 143,25 km berbiaya Rp 13,45 triliun mulai April 2017.
Pengerjaan jalan tol ini akan dilakukan oleh perusahaan joint venture yang didirikan oleh tiga BUMN ini. Dengan adanya anak usaha patungan ini, maka permodalan untuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera akan lebih baik.

Untuk pembangunan ruas tol tersebut telah dilakukan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) bersama dengan dua ruas tol lainnya. Penandatanganan disaksikan langsung oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan ditandatanganinya PPJT ruas tersebut, maka pemilik konsesi tol kini telah memiliki hak melakukan pengerjaan pada wilayah konsesinya. “Semua proyek ini ditargetkan 2019 dapat kita selesaikan (konstruksinya). Jadi habis ini tidak ada lagi santai-santai. Langsung kerja,” katanya saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (22/2).

Basuki Hadimuljono mengatakan, tol ini akan dibangun dengan biaya investasi sebesar Rp 13,45 triliun yang mencakup biaya konstruksi sebesar Rp 9,55 triliun.”Nilai investasinya Rp 13,45 triliun dengan nilai konstruksinya mencapai Rp 9,55 triliun,” katanya.

Ruas tol ini sendiri merupakan tambahan Trans Sumatera yang ditujukan untuk mendukung akses ke destinasi wisata Danau Toba. Selain itu, tol ini juga akan tersambung ke Pelabuhan Kualatanjung dan Bandara Kualanamu Medan sehingga akan saling mendukung konektivitas antara daerah tersebut.

Direktur Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, setelah ditandatanganinya PPJT, biasanya BUJT akan langsung melakukan lelang konstruksi. Lelang konstruksi biasanya dilakukan selama dua bulan, sehingga konstruksi bisa dilakukan pada April 2017 mendatang.

Sedangkan untuk beroperasi, proyek yang masuk Revisi Perpres 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional ini ditargetkan bisa beroperasi pada 2020 mendatang. “Setelah tandatangan PPJT, kita lelang konstruksi. Biasanya lelang konstruksi makan waktu dua bulan lah paling lambat. Berarti akan dimulai April,” ucap Desi.

Berdasarkan data BPJT, Hutama Karya bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road mempunyai masa konsesi selama 40 tahun dalam proyek ini. Pemerintah sendiri akan membantu konstruksi ruas tol dari dan menuju Danau Toba ini sepanjang 50 km.

“Panjang totalnya 143,25 km, dukungan pemerintah berupa konstruksi 50 km,” kata Kepala Bidang Investasi BPJT Sudiro Roy.

[SIZE=”3″][B]Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), ruas tol ini terdiri dari enam seksi. Seksi pertama dimulai dari Tebingtinggi menuju Indrapura sepanjang 23,25 km. Selanjutnya seksi 2 menyambungkan Kualatanjung menuju Indrapura sepanjang 21,5 km.

Sedangkan seksi 3, dimulai lagi dari Tebingtinggi menuju arah Serbelawan sepanjang 30 km. Kemudian dilanjutkan ke seksi 4 dari Serbelawan ke Pematangsiantar sepanjang 23 km. Sebelum menuju Parapat, Pematangsiantar akan tersambung menuju Seribudolok sepanjang 20 km. Dan terakhir adalah Seksi 6 sepanjamg 25,5 km yang menghubungkan Seribudolok hingga Parapat.[/B][/SIZE]
[/FONT]

(dtf/ant/benny pasaribu)
http://www.medanbisnisdaily.com/news…ai-april-2017/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s