Informasi atau fakta tentang Indonesia yang mungkin belum kamu ketahui

As a nation, ada banyak informasi mengenai tanah air yang sudah kita ketahui, misalnya kapan hari kemerdekaan republik ini, siapa presiden pertama RI, dan banyak lagi.

Tetapi tentu bisa jadi jauh lebih banyak hal-hal yang belum kita ketahui mengenai Indonesia. So menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus nanti, disini akan di-share sejumlah informasi atau fakta mengenai negara kita yang mungkin teman2 belum tahu sebelumnya. Silakan dikoreksi atau ditambah informasi yang lain apabila ada di kolom komentar di bawah. 🙂

(referensi dari berbagai sumber dan termasuk hasil pengamatan saya sendiri)

1. Refreshing pelajaran IPS SD dulu : “Indonesia” berasal dari kosakata Yunani kuno yaitu Indos (Hindia) dan nesos (pulau)

2. National flower kita adalah melati (jasmine)

3. Negara pertama yang mengakui kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 adalah Mesir.

4. Indonesia merupakan negara dengan garis panjang pantai yang terpanjang di dunia (>80.000 km), kemudian disusul oleh Cile

5. Saya kurang ngerti alasan historis, politik, atau ekonomisnya..tetapi sudah sejak lama warga Indonesia diperbolehkan mengunjungi Peru, Cile, dan Ekuador di Amerika Selatan sono tanpa visa – dan sebaliknya (alias bebas visa untuk kunjungan wisata atau bisnis, dlm waktu singkat – bukan untuk studi atau kerja)

6. Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia

7. Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di dunia

8. Komodo adalah jenis hewan kadal terbesar di dunia

9. Indonesia (waktu itu Hindia Belanda) adalah negara Asia pertama yang berlaga di Piala Dunia yaitu PD 1938 (info verificated by FIFA)

10. Mel Gibson pernah membintangi sebuah film tentang Indonesia yang berjudul The Year of Living Dangerously (1984). Film menceritakan suka duka wartawan asing di Indonesia pada tahun 60-an. Bukan hal yang mengejutkan bahwa Pemerintah RI Orde Baru saat itu melarang syuting film tersebut di tanah air – ultimately film dilarang beredar di RI, oleh karena itu lokasi syuting film dilakukan di Filipina – karena kesamaan lingkungan dan penampakan alam dengan Indonesia

11. Bukit Tinggi pernah secara de facto menjadi Ibukota RI yakni pada tahun 1948-1949 sewaktu masa pengasingan Soekarno dan Syarifuddin Prawiranegara menjadi Pejabat Presiden sementara

12. Refreshing pelajaran sejarah SD :  Inggris pernah menjajah RI selama 5 tahun yakni tahun 1811-1816

13. Nama Megawati, Presiden ke-5 RI, diberikan oleh Biju Pattnaik (tokoh India dari negara bagian Orissa) sewaktu Soekarno ke India mengunjungi Nehru dan Gandhi. Waktu itu nama yang diberikan “Maghawati” kemudian di–Indonesiakan menjadi Megawati

14. UUD 1945 sebagai landasan NKRI memiliki struktur terdiri dari Pembukaan, Batang Tubuh (pasal-pasal), dan Penjelasan. Bagian Pembukaan UUD 1945 adalah bagian yang tidak boleh / pantang untuk diubah atau diamandemen meski hanya satu kata atau tanda baca sekalipun.

15. Amandemen UUD 1945 yang terakhir mengamanatkan agar 20% dari APBN dialokasikan untuk pendidikan (has it been?)

16. Entah kenapa di Jakarta tidak ada nama jalan Soekarno – Hatta padahal ibukota negara dan proklamasi dilakukan di Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta terletak di Propinsi Jawa Barat – sekarang Banten)

17. Coba perhatikan, tidak ada nama jalan Gajah Mada, Hayam Wuruk, dan Majapahit, di seluruh wilayah propinsi Jawa Barat. Boleh jadi dikarenakan alasan historis semasa Majapahit dulu – remember pelajaran sejarah dulu sewaktu Hayam Wuruk melamar seorang putri Sunda  yang oleh Gajah Mada diminta sebagai bentuk upeti ke Majapahit?

18. Mitra dagang terbesar Indonesia sampai sekarang adalah Jepang.

19. Wage Rudolf Supratman, pencipat lagu Indonesia raya, wafat pada tanggal 17 Agustus 1938

20. Slogan Pariwisata INdonesia adalah “Wonderful Indonesia”. Masih ingat slogan sebelumnya? Yap “Visit Indonesia Year ….” yang selalu dislogankan setiap tahunnya sesuai dengan nama tahun tersebut.
JFI, India “Incredible India” dan Malaysia “Truly Asia

21. Tahun Baru Tionghoa (Imlek) mulai dinyatakan sebagai hari libur nasional sejak 2003 untuk memberi kesempatan warga Tionghoa merayakan.

22. Film “Daun di Atas Bantal” (1998) berhasil menjuarai  Asia Pacific Film Festival in Taipei, Taiwan (1998) untuk kategori “Best Movie”.  Padahal akhir 90-an adalah masa2 suram perfilman Indonesia dan film karya Garin Nugroho dan dibintangi Christine Hakim tersebut nyaris tidak begitu terdengar  gaungnya di dunia hiburan yang waktu itu lagi masa jaya2nya sinetron di televisi. Mantap kan?

23. Indonesia merupakan negara dengan jumlah gunung api aktif terbanyak di dunia, ada sebanyak 160 buah lebih.

24. Loetoeng Kasaroeng, film bisu produksi 1926 karya sutradara Belanda adalah film pertama Indonesia
 
25. Menurut The Smiling Report tahun 2009 kmaren, Indonesia adalah negara ‘paling tersenyum’ di dunia dengan indeks 98%. Senyum dong 🙂 http://www.smilingreport.com/pressrelease_090409.html
http://www.asiafinest.com/forum/index.php?showtopic=204787
 

26.  CNN Survey and Report 2011 memberitakan bahwa RENDANG dan NASI GORENG adalah no 1 dan no 2 makanan paling lezat d seluruh dunia. Mantap khan
http://travel.cnn.com/explorations/eat/readers-choice-worlds-50-most-delicious-foods-012321
 

27. Kota terbesar di Indonesia? Bukan DKI Jakarta, melainkan Palangkaraya, Kalimantan Tengah dengan luas wilayah 2.687,51 km²

28. Jalan terpanjang di Indonesia yang menggunakan nama pahlawan adalah Jl. Letjend Drs. Jamin Ginting yang membentang sekitar 70 km mulai dari tengah kota Medan, menyusuri sisi Barat Kab. Deli Serdang, Kabupaten Karo, hingga akhirnya berakhir di simpang Mesjid Agung Kota Kabanjahe (salah satu tempat pengungsian korban Gunung Sinabung kemarin yang dikunjungi SBY).
Ada juga Jl. Soekarno-Hatta Bandung (sekitar 20 km), Jl. Letkol I Gusti Ngurah Rai Kota dan Kab. Denpasar (sekitar 30 km), Jl. K.L. Yos Sudarso Medan (20 km) dan Jl. Daan Mogot Jakarta-Kab. Tangerang-Kota Tangerang (sekitar 30 km)

Beberapa sumber referensi yang boleh dikunjungi

1. http://indocropcircles.wordpress.com/2011/08/09/fakta-fakta-unik-tentang-indonesia/
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia
3. http://heart.okwave.com/posts/745?url_language_code=id
4. Buku Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap (RPUL) – remember this? 😀
5. Buku Sejarah Pahlawan Indonesia

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s