Apa itu Nasi Uduk?

Nasi uduk adalah makanan khas Betawi, yang dapat dengan mudah ditemui di berbagai rumah makan, warung tenda, atau restoran di DKI Jakarta dan sekitarnya.


Nasi Uduk
(source : resepmenusehat.com)

Penganan ini mrip dengan nasi putih biasa. Perbedaannya secara fisik adalah dapat dilihat bahwa setiap butiran nasinya tidak lengket satu sama lain, dan warnanya juga tidak terlalu putih seperti nasi putih pada umumnya. Perbedaan lain adalah cara memasak. Sebelum dikukus, beras diaron dengan menggunakan air santan, daun salam dan jeruk, rempah laos dan serai. Baru kemudian beras dikukus. Perpaduan materi itulah yang menghasilkan citarasa nasi uduk yang seperti kita kenal.

Oleh karena rasa gurihnya tersebut, biasanya satu porsi nasi uduk sudah dapat membuat kenyang dengan hanya menambahkan tempe atau tahu goreng plus taburan bawang goreng serta keripik emping(bawang goreng dan emping hampir selalu ada di setiap sajian nasi uduk dimanapun). Namun biasanya warung nasi uduk juga menyajikan sate ati, usus, udang, telur rebus, semur, atau goreng, dan daging ayam goreng untuk menjadi teman lauk nasi uduk tersebut.

Konon katanya nasi uduk ini pertama kali dijual di daerah Kebon Kacang Jakarta. Jaman dulu nasi uduk biasanya dijual dibungkus daun pisang dan ditaburi bawang goreng, serta biasa dijajakan dengan gerobak di daerah ini.

Kini nasi uduk sudah dapat ditemui bahkan di sejumlah kota besar di Sumatra dan Bali. Kepopuleran penganan khas sederhana Indonesia ini tampaknya masih akan terus ada, apalagi variasi pilihan lauknya juga sangat menarik selera, belum lagi bila sambil menyeruput teh hangat. So bagi yang belum pernah mencoba nasi uduk, coba deh 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s