Kisah Penambang Chile yang Terjebak Dalam Reruntuhan Tambang Emas-Tembaga San Jose, Chile

Source : http://en.wikipedia.org/wiki/2010_Copiap%C3%B3_mining_accident

Inilah sebuah kisah penyelamatan pada tahun 2010 yang kiranya selevel dengan cerita2 di film Hollywood nan dramatis. Sekitar 33 orang penambang terjebak di dalam lubang sedalam 700 m akibat reruntuhan tambang emas & tembaga San Jose, Chile Utara. Yang menakjubkan adalah keberhasilan mereka semua bertahan hidup serta perjuangan menyelematkan mereka dengan bantuan alat yang bahkan harus didesain terlebih dahulu dari Amerika Serikat.
Semua media di dunia turut meliput sehingga menyita perhatian masyarakat termasuk di Indonesia (yang secara kebetulan setelah itu dilanda banjir Wasior, tsunami Mentawai, dan letusan Gunung Merapi).

Berikut hal2 menarik seputar kisah penyelamatan tersebut
1. Ke 33 penambang tersebut terjebak di bawah tanah sedalam 700 m, dan terperangkap di sana selama 69 hari sejak 5 Agustus 2010, dan kesemuanya diselamatkan pada tanggal 13 Oktober 2010. Total biaya penyelamatan sebesar US$ 20 juta

2. Mereka diselamatkan dengan bantuan alat yang dinamakan Phoenix (Fenix2). KOnon alat ini harus dibuat dan didesain terlebih dahulu dengan bantuan ilmuwan Amerika Serikat, agar dapat digunakan menembus lapisan tanah dan reruntuhan batu yang sedemikian tebalnya.

3. Dalam standar pertambangan ada beberapa langkah antisipasi yang wajib ditempuh jika terjadi keadaan darurat seperti saluran ventilasi, ruang aman, dan tangga penyelamatan. Namun berhubung tambang Jose memiliki standar buruk dlm hal tersebut, dan semua lorong ventilasi tertutup reruntuhan batu, maka terjebaklah mereka.

4. Selama 18 hari pertama sebelum mereka berhasil berkomunikasi dengan pihak luar, awalnya mereka berlindung di sebuah ruang perlindungan dengan luas kurang lebih 50 meter persegi, yang memiliki 2 bangku panjang di dalamnya. Namun karena kekurangan udara mereka pindah ke terowongan yang panjangnya 2 km.Air mereka dapatkan dengan menggali air tanah dan air radiator. Sementara makanan, mereka bergiliran memakan biskuit 1 buah, ikan tuna kalengan, masing2 2 sendok kecil, dan sepotong buah persik setiap hari. Untuk penerangan, mereka menggunakan batere truk untuk re-charge lampu helm mereka. Sumber daya yang tipis membuat berat badan mereka rata2 turun 5-8 kg.

Denah lokasi kecelakaan tambang San Jose, Chile

5. Setelah komunikasi berhasil dilakukan, seluruh Cile gempar dan upaya penyelamatan segera langsung diusahakan. Seluruh dunia pun segera mendengar berita ‘mustahil’ selamatnya 33 penambang tersebut setelah terjebak sekian lama. Makanan (larutan glukosa, pil rehidrasi) dan obat2an dikirim melalui kapsul kecil yang melewati lubang yang mungkin hanya seukuran lingkar tangan . Kapsul itu memakan waktu 1 jam untuk sampai ke bawah. Termasuk juga untuk mengirim pesan2 lewat kertas.

5. Selain makanan dan obat, sanitasi mereka juga dapat kelola dengan baik. Mereka mandi di air terjun alami dengan sabun dan peralatan cuci lainnya yang sebagian juga telah dikirm dari atas. Mereka juga diinstruksikan untuk selalu bergerak dan beraktivitas agar kekuatan mental mereka tidak turun. Ada pembimbing agama lengkap dengan salib dan patung Bunda Maria untuk beribadah. Ada juga salah seorang bernama Mario yang dijuluki ‘Super Mario’ yang dengan kocak merekam segala bentuk aktivitas selama mereka berada di situ.

6. Presiden Cile langsung kembali dari Kolombia saat upaya penyelamatan dimulai. Ia memimpin operasi penyelamatan secara umum, mengenakan rompi penyelamatan dan helm perlindungan. Konon pemerintah Cile banyak dikritik saat lambatnya penanganan bencana gempa bumi dan tsunami Cile beberapa tahun sebelumnya. Kali ini langkah turun langsung ke lapangan mendapat banyak pujian dari rakyat dan seluruh dunia, terutama saat ia menggelorakan semangat untuk menyelamatkan jiwa ke-33 penambang tersebut dan menggambarkannya sebagai salah satu bentuk kepahlawanan yang menginspirasi seluruh bangsa Cile.

 Presiden Cile memegang surat dari penambang yang terjebak

Presiden Cile memegang surat dari penambang yang terjebak

7. Dalam upaya penyelamatan, Presiden Bolivia turut hadir (salah satu penambang berkebangsaan Bolivia). Konon Bolivia tidak memiliki hubungan yang begitu baik dengan Cile, namun kejadian kali ini diindikasikan sebuah rekonsilisiasi antara kedua negara tetangga tersebut.

8. Ke-33 penambang diselamatkan dalam 24 jam pada tanggal 13 Oktober 2010. Dan seluruh Cile pun bersorak sorai.

9. Saat diselamatkan, mata mereka ditutup untuk mencegah radiasi akibat lama tidak melihat cahaya. Sebagian dari mereka langsung menerima perawatan kesehatan darurat, dan syukurlah semuanya mampu bertahan sehat hingga saat ini.

Konon, moral dari kisah ini adalah bahwa pemimpin harus bersedia turun tangan langsung dalam suatu operasi bencana alam atau kemanusiaan. Mungkin itu juga salah satu yang menginspirasi Presiden SBY untuk mengunjungi Mentawai langsung dari Vietnam di kala daerah itu tertimpa bencana Tsunami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s