Apa itu Blog?

Mungkin udah banyak sahabat pena yang sering membaca mengenai pengertian blog. Di sini aku coba uraikan sedikit lagi

1. Pengertian teknis blog
Blog adalah kependekan dari weblog. Blog adalah sebuah istilah yang digunakan untuk sebuah website yang berisi informasi-informasi yang selalu diperbarui (disebut dengan istilah posting)

2. Mengapa blogger meng-update blog?
Sebuah blog biasanya selalu diupdate, dalam arti pemilik blog akan menambahkan postingan2 terbaru entah itu opini, artikel, foto dan komentarnya, dsb.

3. Apa saja isi blog?
Konten atau topik blog juga beragam, mulai dari personal hingga ke politik dan bisa juga fokus ke hal yang sifatnya spesifik maupun lebih luas. Umumnya blog memilik topik tertentu, misalnya memancing, home industry, olahraga, bursa saham, disain web, handphone, dan sebagainya. Beberapa blog mungkin bisa merangkum berbagai subyek dan berisi link-link ke situs lain yang terkait. Sementara blog lainnya lebih personal, seperti diari pribadi yang berisi kehidupan sehari-hari dan pikiran-pikiran penulisnya.

4. Terus apa bedanya dengan website yang biasa ditemukan atau di-surfing di Internet?
Website dibuat secara profesional dan memiliki berbagai tujuan yang tidak melulu sekedar berbagi informasi (blog lebih dilihat sebagai sarana berbagi informasi dan mengekspresikan diri). Ada fitur data base yang menjadi sumber data yang akan diakses saat pengguna menjalankan website, ada desain profesional yang memiliki pertimbangan estetika dan integritas pemilik website, serta ada fitur sekuriti yang harus sangat diperhatikan oleh pemilik web.
Karena itulah untuk membuat website dan di-upload ke Internet, pemilik harus membayar sejumlah tertentu kepada perusahaan hosting, umumnya setahun atau dua tahun. Jasa hosting akan memberikan berbagai layanan seperti mail, ftp server, maksimum jumlah data yang ditampung, serta lama berlangganan. Setelah hosting berakhir dan pemilik web tidak melanjutkan sewa hosting, maka website itupun menjadi almarhum. Website biasanya dimiliki perusahaan, organisasi, lembaga, dan profesional, serta pribadi. Untuk pribadi, biasanya ada pertimbangan gengsi karena memiliki website pribadi.

Dan perlu diketahui, membuat blog tidak akan ada berurusan dengan hal2 yang aku sebutkan di paragraf di atas! Termasuk blog akan bertahan selamanya, tidak ada urusan sewa hosting atau sejenisnya. Meskipun demikian ada batasan kapasitas blog menampung data, namun itu sangat besar dan tidak banyak membuat masalah.

5. Gimana aku bisa buat blog? Apa langkah pertamanya?
Saat ini ada dua server blog yang paling terkenal di dunia, tentu saja karena GRATIS. Si Peminat tinggal masuk ke websitenya (blogspot.com atau wordpress.com), lalu klik menu membuat blog baru. Ada koq server Indonesianya, tinggal ganti .com –> .co.id
Kemudian selesaikan registrasi (termasuk memberi nama blog) dan tunggu email konfirmasi di mail box, dan klik konfirmasi. Jadi deh blog-nya.

6. Setelah blog jadi, apa yang dapat aku lakukan?
Masuk ke alamat blog yang telah dibuat, kemudian login. Setelah login user akan punya right Admin yang berarti dapat membuat, meng-edit, atau menghapus postingan. Kamu bisa mulai membuat suatu artikel dengan mengetik di kotak postingan, lalu klik update post, dan artikel itu pun akan muncul di halaman utama blog, yang bila orang lain membuka alamat blog kamu, akan dapat membaca postingan tersebut.

7. Apa gambaran sekilas mengenai sebuah blog?

1. Konten utama yang tampil secara kronologis waktu, artikel terbaru letaknya diatas. Artikel-artikel itu juga seringkali dikelompokkan menjadi kategori.
2. Sebuah archive (arsip) yang berisi artikel-artikel lama.
3. Sebuah fasilitas komentar untuk pengunjung blog.
4. Sebuah daftar link ke situs-situs terkait, di wordpress biasanya disebut blogroll.
5. Sebuah fasilitas berlangganan update blog agar pengunjung bisa selalu mengikuti perkembangan blog. Disebut juga feed seperti RSS, Atom, atau file RDF.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s